Hadir ke SMA 80 Jakarta, Ajang Formula E Sekaligus Momentum Edukasi Kepada Generasi Muda Indonesia Tentang Sustainability

LKY00491 - Copy

Hadir ke SMA 80 Jakarta, Ajang Formula E Sekaligus Momentum Edukasi Kepada Generasi Muda Indonesia Tentang Sustainability

Jakarta, 3 Juni 2022 – Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix akan digelar dalam hitungan jam. Ajang balapan mobil listrik ini akan digelar besok, Sabtu, 4 Juni 2022. Menjelang ajang dimulai, Formula E Operation (FEO) memastikan bahwa pihaknya sudah siap untuk menggelar balapan nanti. “Kami benar-benar siap. Sebelumnya, para pembalap sudah melakukan shakedown. Kami sudah meninjau dan sirkuit juga sudah siap. Kami sangat menantikan momen berharga ini,” ujar Ketua FEO Alberto Longo, setelah meninjau lokasi balapan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (3/6/22).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut hadir untuk menunjau lokasi balapan. Ia lalu mengatakan kepada awak media bahwa “Kami melihat bahwa secara teknis, kesiapannya sudah siap semuanya. Kita berharap semuanya berjalan dengan baik.” Menurut Anies, Formula E menjadi momen penting bagi sejarah Jakarta.

Kota ini, lanjutnya, berprores menjadi kota yang ramah lingkungan dan ingin menyelamatkan Bumi dengan mengurangi efek rumah kaca. “Jadi, balapan ini bukan sekadar balap mobil biasa, melainkan balap mobil dengan semangat keberlanjutan lingkungan hidup—di mana efeknya tak hanya ekonomis, tapi juga ekologis,” lanjutnya.

Sebelumnya, Anies menekankan bahwa Jakarta hadir untuk memberi pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi perubahan iklim dan pemanasan global, dengan memulai transformasi menuju kendaraan ramah lingkungan. “Di 2015 lalu, Jakarta menetapkan target untuk mengurangi efek rumah kaca sebesar 30% di tahun 20130. Alhamdulillah, masih delapan tahun menuju 2030, kita sudah berhasil menurunkan sampai 26%. Kita berharap ini bisa tercapai di 2025, lima tahun lebih cepat dari target,” terang Anies.

Selain itu, ia melanjutkan bahwa, Jakarta juga menargetkan net zero emission di tahun 2050. Untuk mencapai target itu, Jakarta mulai melakukan konversi atas kendaraan umum menggunakan listrik. “Saat ini sudah ada 100 bus dengan energi listrik. Mudah-mudahan tahun ini bisa mencapi 200 bus listrik,” sambungnya. “Ini yang ingin kita targetkan bersama. Insyaallah, pesan ini akan terus bergaung dan menyadarkan kita semua,” imbuh Anies.

Formula E sendiri merupakan kejuaraan otomotif pertama di dunia yang menggunakan kendaraan bebas karbon—di mana para pembalap akan mengadu kecepatan mobil listrik. Ini selaras dengan prinsipnya, sustainability. Formula E ingin menunjukkan bagaimana prinsip tersebut bisa mendorong masa depan yang lebih baik dan bersih, melalui penggunaan EV. Adapun Formula E di Jakarta atau Jakarta EPrix 2022 juga merupakan salah satu contoh implementasi dari prinsip sustainability itu.

Bagi Indonesia, ini bakal menjadi pertama kalinya green sportainment digelar dan bisa menjadi benchmark penyelenggaraan green sportainment event di Indonesia. Sudah disinggung sebelumnya, Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang di Ancol, Jakarta Utara. Siapa pun yang sudah memiliki tiket, silakan tukarkan atau me-redeem tiket ke lokasi yang sudah disiapkan oleh penyelenggara. Untuk lebih jelas perihal penukaran tiket ini, silakan kunjungi Jakarta E-Prix Official Ticketing Website cs@goersapp.com atau www.jakartaeprixofficial.com. –