Green Sportainment Pertama Indonesia, Jakarta E-Prix, Jadi Rangkaian Acara HUT DKI Jakarta

Nyck de Vries NED (No17) - Mercedes-EQ Formula E Team leads the pack at the start of Race 2 of the Formula E championship series for the Saudi Arabia ePrix in Diriyah

Green Sportainment Pertama Indonesia, Jakarta E-Prix, Jadi Rangkaian Acara HUT DKI Jakarta

Jakarta, 23 Mei 2022 – Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix masuk ke dalam rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali. “Formula E kita masukkan dalam rangkaian ini (HUT DKI Jakarta),” ujar Marullah saat konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, pada Senin (23/5) lalu. Namun, ia menekankan bahwa pelaksanaan Formula E ini tetap di bawah PT Jakarta Propertindo (Jakpro) kendati menjadi rangkaian acara pemerintah provinsi. Lebih dari itu, Jakarta E-Prix bukan sekadar acara balapan yang hadir untuk memeriahkan rangkaian HUT DKI Jakarta.

Acara ini hadir sekaligus untuk menunjukkan bagaimana prinsip sustainability atau keberlanjutan diimplementasikan melalui kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Formula E sendiri merupakan kejuaraan otomotif pertama di dunia yang menggunakan kendaraan bebas karbon—di mana para pembalap akan mengadu kecepatan mobil listrik. Ini selaras dengan prinsipnya, sustainability. Formula E ingin menunjukkan bagaimana prinsip tersebut bisa mendorong masa depan yang lebih baik dan bersih, melalui penggunaan EV.

Adapun Formula E di Jakarta atau Jakarta EPrix 2022 juga merupakan salah satu contoh implementasi dari prinsip sustainability itu. Bagi Indonesia, ini bakal menjadi pertama kalinya green sportainment digelar. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerangkan bahwa melalui pegelaran Jakarta E-Prix, Jakarta ingin memenuhi tanggung jawabnya dalam menghadapi pemanasan global dan perubahan iklim yang sedang dihadapi dunia. “Kita punya komitmen di Jakarta untuk menurunkan efek rumah kaca sebesar 30% di 2030,” pungkas Anies, Sabtu (28/5/22). “Sekarang di 2022, kita sudah menurunkan 26%. Jadi tinggal 4% lagi, di enam tahun mendatang.”

Anies mengatakan bahwa pegelaran Jakarta E-Prix ini bakal menjadi peristiwa yang bersejarah. Sebab ini akan menjadi titik tolak menuju kendaraan bebas emisi di tahun-tahun mendatang. “Saya harap, semuanya menganggap ini (pegelaran Jakarta E-Prix) sebagai tugas sejarah. Mari kita lakukan yang terbaik, torehkan sejarah kita, dan berbanggalah!” tandasnya. Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merayakan HUT DKI Jakarta dengan menggelar berbagai kegiatan dari 24 Mei hingga 25 Juni 2022.

Perayaan ini bertajuk “Jakarta Hajatan”, dengan tema kolaborasi, akselerasi, dan elevasi. Rangkaian perayaannya sudah dimulai sejak Selasa, 24 lalu. Perayaan ini diawali dengan kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu. Selanjutnya, disusul oleh upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP), sidang paripurna DPRD, hingga grand launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni 2022 sebagai penutupan. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang. Balapan ini akan digelar di Ancol, Jakarta Utara. Siapa pun yang ingin menonton Jakarta EPrix secara langsung, silakan membeli tiket di website jakartaeprixofficial.com dan jakartaeprix.goersapp.com. Pembelian tiket sudah bisa dilakukan sejak 1 Mei lalu.