Infrastruktur dan Fasilitas Lengkap: JIS Menjadi Tuan Rumah Pertandingan Internasional Untuk Pertama Kalinya

IMG_9522 (1)

Infrastruktur dan Fasilitas Lengkap: JIS Menjadi Tuan Rumah Pertandingan Internasional Untuk Pertama Kalinya

Jakarta, 13 April 2022 – Pembangunan Kawasan Olah Raga Terpadu yang diamanahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (“Jakpro”) kini telah selesai dan siap untuk mengadakan pertandingan internasional untuk pertama kalinya. Sebuah ikon baru di ibukota, yakni Jakarta International Stadium (“JIS”) menjadi tuan rumah perhelatan International Youth Championship (IYC) 2021 setelah sempat tertunda akibat situasi pandemi tahun lalu. Rangkaian kegiatan soft-lauching ini terselenggara berkat dukungan dan kolaborasi berbagai pihak terutama institusi pemerintahan, swasta, media dan masyarakat.

VP Corporate Secretary Jakpro Nadia Diposanjoyo menyampaikan harapannya atas masa depan dunia olah raga, khususnya sepak bola dan semangatnya bagi bidang industri lainnya. “Sebagai stadion baru yang berstandar FIFA dan memiliki kapasitas penonton sebesar 82 ribu JIS siap menjadi tuan rumah pertandingan internasional dan melahirkan bibit bibit prestasi baru sebagai calon bintang pesepakbola dunia, seperti yang malam ini sedang bertanding,” ujar Nadia.

Tak hanya itu, Nadia juga menyatakan, perhelatan soft-launching ini juga menjadi ajang uji coba kesiapan berbagai pihak dalam menyelenggarakan event pertunjukan berstandar internasional. “Merupakan kehormatan bagi kami untuk menjadi bagian dari sebuah perjalanan bersejarah atas dimulainya kegiatan yang membawa manfaat bagi kita semua, dimana seluruh pihak akan lebih siap lagi untuk menggelar kegiatan yang berlipat kali lebih besar dari yang saat ini kita adakan, tentunya tidak hanya pertandingan tapi juga pertunjukan, seperti contohnya konser musik dari musisi ternama dunia,” tambah Nadia Diposanjoyo.

Nadia menambahkan, JIS sebagai salah satu stadion dari 10 stadion termegah di dunia berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail memiliki beberapa fasilitas berstandar FIFA yang bisa dinikmati oleh para pemain, official tim, tamu undangan, hingga para awak media yang meliput momen yang bersejarah ini. Terlebih, seluruh fasilitas tersebut seperti lapangan utama dan dua lapangan latih dengan rumput hybrid telah siap digunakan. Selain itu, stadion yang telah mengantongi sertifikat green building level platinum atau level dengan kategori tertinggi ini juga memiliki konsep terintegrasi dengan transportasi publik.

Kini, JIS telah terintegrasi dengan halte tranjakarta yang akan memudahkan tamu undangan, awak media atau official tim untuk mendatangi arena stadium tanpa harus membawa dan menggunakan angkutan pribadi. Hal ini pun sesuai dengan arahan dan visi Gubernur DKI Jakarta untuk menjadikan JIS sebagai salah satu stadion di Indonesia yang menjangkau kebutuhan masyarakat dan warganya hingga dimasa depan. “Dengan adanya intergrasi angkutan umum ini, JIS turut serta mengakselarasi terhadap pengurangan zat emisi karbon. Sehingga masih sangat relevan hingga beberapa dekade ke kedepan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Nadia menjelaskan bahwa JIS sangat ideal untuk menyelenggarakan ajang sekelas IYC 2021. “IYC merupakan salah satu turnamen bergengsi, terutama bagi bibit-bibit muda calon bintang masa depan di dunia sepakbola. Sebab dengan kualitas dan standar fasilitas serta infrastruktur penunjang lainnya di JIS membuat ajang ini menjadi lebih menarik karena atmosfir kemegahannya yang saling melengkapi dengan talenta dan kualitas para pemain yang bertanding,” jelasnya.

Di sisi lain, Nadia mengajak seluruh warga Jakarta dan para pencinta sepakbola di Indonesia maupun dunia serta para stakeholders untuk menjadikan JIS sebagai ruang kolaborasi di berbagai bidang, baik itu olahraga, sportaiment, entertaiment, kesenian, hingga keagamaan. “JIS tidak hanya fasilitas baru saja yang megah, tapi lebih dari itu JIS adalah ruang kolaborasi seluruh warga untuk menghadirkan narasi-narasi tentang kemajuan, kebanggaan, dan kebersamaan. Hingga tujuannya warganya menjadi lebih maju dan bahagia,” jelasnya.