JAKPRO: Oktober Tahun Ini “Ground Breaking” ITF

Insinerator sampah

JAKPRO: Oktober Tahun Ini “Ground Breaking” ITF

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta memastikan bahwa peletakan batu pertama pembangunan Intermediate Treatment Facilities (ITF) akan dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Satya Heragandhi Direktur Utama PT Jakarta Propertindo menyatakan bahwa pihaknya menjanjikan bisa melakukan ground breaking ITF sekitar September – Oktober.

“Ya ground breakingnya kemungkinan September – Oktober tahun ini. Tapi kami akan usahakan sudah bisa di deliver pada September,” ujarnya , kemarin.

Pihaknya, melalui anak usahanya PT Jakarta Utilitas Propertindo yang bergerak dibidang utilitas, akan membangun ITF dengan kapasitas sekitar 1000 ton per hari.

Namun demikian, pihaknya masih merahasikan lokasi pembangunan ITF tersebut dan saat ini sedang proses pematangan pemilihan teknologi yang tepat, bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Saat ini, kata Satya, sudah terdapat lebih dari 96 perusahaan yang menawarkan teknologi pembangunan ITF tersebut.

Pihaknya perlu menggandeng BPPT agar mendapatkan pendampingan yang tepat ketika memutuskan pemilihan teknologi yang akan digunakannya ke depan.

“Kita kan sudah ada MoU dengan BPPT. Nanti mulai awal Agustus ada tim kecil yang akan memilih dan memutuskan teknologi seperti apa yang tepat, kemudian akhir Agustus ti tinggal dikawinkan dengan pemilik lahan,” terangnya.

Pihaknya dan BPPT pada intinya sudah sepakat bahwa teknologi yang akan digunakan adalah yang terbaik dan bisa bertahan hingga puluhan tahun ke depan.

Pasalnya pembangunan ITF dengan teknologi yang tepat, sudah sangat urgent untuk direalisasikan, seiring semakin tingginya volume sampah DKI Jakarta yang dibuang ke TPST Bantar Gebang saat ini hingga mencapai 6.700 ton per hari.

“Salah satu untuk mengurai sampah di perkotaan, seperti DKI Jakarta adalah tidak bisa dengan sistem yang lama, jadi mau tidak mau harus dengan ITF, dan kami komitmen akan mewujudkan hal ini,” ujarnya.

Sementara, komitmen badan usaha milk daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta tersebut sejalan dengan harapan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang mengharapkan ground breaking ITF dapat direalisasikan tahun ini.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menargetkan tahun ini bisa melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Intermediate Treatment Facilities (ITF).

Sumber:bisnis.com