Jakpro Tambah Tiga MRU Online

IMG_1856

Jakpro Tambah Tiga MRU Online

Jakarta – Untuk menyiasati keterbatasan lahan dan percepatan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) bagi kepentingan bus Transjakarta dan angkutan umum, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) melalui anak perusahaannya, PT Jakarta Utilitas Propertindo, telah membangun tiga unit mobile refueling unit (MRU) online.

Tiga unit MRU online ini, akan diletakkan di Puit, Halte Bus Transjakarta Harmoni dan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). Dengan ditambahnya tiga unit MRU online ini, SPBG yang dimiliki oleh PT Jakpro, total berjumlah 10 SPBG. Tujuh diantaranya ada di Mampang, Kampung Rambutan, Hek, Tanah Merdeka, Ancol, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Rawa Buaya.

Direktur PT Jakarta Utilitas Propertindo, Chairul Hakim, mengatakan, saat ini pemasangan pipa gas di tiga lokasi MRU tersebut sudah hampir selesai. Direncanakan, pertengahan bulan April ini, tepatnya tanggal 15 April 2016.

“Ya bulan ini akan diresmikan. Dengan begitu, bus Transjakarta tidak perlu keluar koridor untuk mengisi bahan bakar gas (BBG),” kata Chairul di kantor PT Jakpro, Thamrin City, Jakarta Pusat, Rabu (6/4).

Selama ini, karena lokasi SPBG cukup jauh. Kerap kali bus Transjakarta harus keluar dari koridor tempat beroperasi. Akibatnya, rupiah per kilometer saat menempuh perjalanan menuju SPBG juga dihitung dan dibayarkan Pemprov DKI.

Selain itu, lebih mengefisienkan waktu operasional armada bus Transjakarta. Sebab selama ini, bus Transjakarta harus menempuh jarak jauh ditambah lagi dengan kemacetan lalu lintas. Akibatnya menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengisi BBG.

“Dengan adanya tiga unit MRU online ini, maka lebih dapat menghemat pembayaran rupiah per kilometer. Karena bus Transjakarta tidak perlu keluar dari koridor. Bisa mengisi di koridornya seperti di Halte Harmoni,” ujarnya.

Chairul menjelaskan, satu MRU online berkapasitas 30.000 liter setara premium atau bisa memenuhi kebutuhan 120 bus per hari. Artinya, kata dia, dengan tiga MRU online tersebut, bisa melayani kebutuhan bus Transjakarta sebanyak 360 bus per hari.

“Tujuan utamanya memang untuk Transjakarta. Tetapi MRU online ini bisa dimanfaatkan juga untuk angkutan umum lainnya yang menggunakan BBG. Seperti Bajaj BBG,” terangnya.

Sumber: beritasatu.com