Jelang Balapan Bebas Emisi Pertama di Indonesia (Jakarta E-Prix 2022), Jakpro Gelar Diskusi Soal Peran Perempuan di Industri Balapan dan EV

801971_1200

Jelang Balapan Bebas Emisi Pertama di Indonesia (Jakarta E-Prix 2022), Jakpro Gelar Diskusi Soal Peran Perempuan di Industri Balapan dan EV

Selama ini industri otomotif dan balapan identik dengan kaum pria. Sebab merekalah yang mendominasi bidang tersebut. Namun demikian, rupanya dinamika di industri ini tak lepas dari peran perempuan. Para perempuan ini bahkan punya peran penting untuk mendukung keberlanjutan atau sustainability di sana. Hal ini sebagaimana tercermin di ajang balapan mobil listrik Formula E, yang mendukung kendaraan bebas emisi.

Selaku penyelenggara Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berdiskusi lebih lanjut bagaimana peran dan perspektif perempuan tatkala berkiprah di industri ini. Mereka juga ingin hal itu diketahui oleh khalayak. Oleh karenanya, mereka menggelar “Sustainability Talk Series #2: Net Zero Emission Race: Women in Formula Car Racing.” – Seri diskusi keberlanjutan kedua: Balapan Tanpa Emisi, Peran Perempuan dalam Balapan Mobil Formula dan industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Untuk diketahui, diskusi ini digelar guna menyambut Jakarta E-Prix yang akan digelar pada 4 Juni mendatang. Ini menjadi serial diskusi kedua sejak diskusi pertama digelar pada Senin, 9 Mei lalu, yang mengusung tema “World First Net Zero Sport Season 8 – Jakarta Sustainability Perspective” – Balapan Tanpa Emisi pertama di Dunia babak ke 8 – Perspektif keberlanjutan. Jakarta E-Prix sendiri merupakan salah satu contoh implementasi dari prinsip sustainability melalui penggunaan kendaraan listrik.

Bersamaan dengan itu, Jakarta juga ingin berkontribusi dalam menghadapi pemanasan global dan perubahan iklam yang sedang dihadapi di dunia. Jakarta sendiri berkomitmen untuk menurunkan efek rumah kaca hingga 30% per 2030 mendatang. Sementara, saat ini penurunan tersebut sudah mencapai 26%. Artinya masih ada 4% lagi yang harus diturunkan dalam jangka waktu enam tahun mendatang. Jakpro mengaku optimis bisa mencapai target itu.

Lebih jauh lagi, pegelaran Jakarta E-Prix itu diyakini bisa menjadi peristiwa bersejarah yang akan menjadi titik tolak menuju kendaraan bebas emisi di masa depan. Tentu saja, tak terkecuali bagi Indonesia. Sejalan dengan itu, diskusi yang digelar nanti akan membahas lebih lanjut tentang Formula E itu sendiri, serta kaitannya dengan tujuan pembangunan keberlanjutan (SDGs) bagi Indonesia.

Di samping itu, akan dibahas pula tentang peran perempuan dalam memajukan dan mendukung industri otomotif yang sustainable. Jakpro pun akan mendatangkan sejumlah narasumber perempuan yang turut berperan aktif di industri balap dan EV. Mereka adalah Julia Pallé (Sustainability Director FEO), Alexandra Asmasoebrata (Female Racer), dan Diah Wulandari (EV Project Development PATRIA).

Diskusi ini nantinya akan dimoderatori oleh Syaza Wisastro (News anchor). Sedikit soal profil para narasumber, Julia Pallé merupakan pakar keberlanjutan dalam olahraga motor. Dialah yang mensertifikasi kejuaraan net zero Formula E sebagai sustainable events, dan menjadikannya olahraga serta seri motorsport pertama pertama di dunia yang mencapai standard tersebut. Ia juga pun selalu mengamati tantangan perubahan iklim.

Sementara itu, Alexandra Asmasoebrata adalah mantan pembalap perempuan asal Indonesia. Dia memulai debutnya di balap Gokart pada usia 12 tahun, dan berhasil menorehkan prestasi di ajang tersebut. Beberapa tahun selanjutnya, ia turut berpartisipasi di ajang balap internasional, termasuk kejuaraan se-ASEAN dan Formula Renault Asia. Kemudian turut diundang pula Diah Wulandari, seorang perempuan yang merupakan Insinyur Penelitian dan Pengembangan (Powertrain).

Ia aktif di industri kendaraan komersial, dengan fokus pada powertrain. Terampil dalam Matlab dan Simulink, simulasi powertrain, Desain Berbantuan Komputer (PTC Creo, SolidWorks, Autodesk Inventor), dan Manufaktur. Diskusi seri kedua itu akan digelar pada Rabu, 1 Juni 2022 mendatang pada pukul 15.00 WIB. Siapa pun yang ingin menonton diskusinya, silakan kunjungi kanal YouTube Jakpro Group dan Tempo Media, serta Facebook Live Koran Tempo. Sementara itu, jika ingin ikut diskusi secara langsung, silakan registrasi melalui bit.ly/TalkshowFESeries2 untuk berpartisipasi di Zoom.

Bagi peserta diskusi di Zoom yang beruntung, akan mendapat merchandise berupa t-shirt ekslusif Jakarta E-Prix. Sebagai informasi, siapa pun yang ingin menonton Jakarta EPrix secara langsung, silakan membeli tiket di website jakartaeprixofficial.com dan jakartaeprix.goersapp.com. Pembelian tiket sudah bisa dilakukan sejak 1 Mei lalu.