Kinerja BUMD Bukan Hanya Dilihat dari Dividen

Logo Jakpro

Kinerja BUMD Bukan Hanya Dilihat dari Dividen

JAKARTA –Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI diharapkan memiliki peran sebagai pendorong ekonomi DKI dan infrastruktur.

“Kurang tepat kalau BUMD harus dipaksa untung besar, agar dividenya besar ke APBD, tetapi jangan merugi juga. Hal hal yang wajar saja, yang paling penting bagaimana BUMD itu mampu bekerja secara profesional akan tugas dan fungsinya membantu Pemprov DKI Jakrta dalam memberikan layanan bagi masyarakat dan dunia usaha,” ungkap Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang di Jakarta, Minggu (3/4).

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) misalnya, sebagai salah satu BUMD yang mendapat banyak tugas dari Gubernur DKI berupaya untuk mengoptimalkan aset yang dikelolanya.

Dengan begitu, kinerja BUMD seharusnya tidak hanya melulu dari setoran dividen yang diberikan tetapi harus juga diukur seberapa besar perannya dalam menunjang tugas Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Sarman, apabila BUMD bekerja dan dikelola secara profesional dipastikan akan mendapat keuntungan atau laba.Karena itu, direksi maupun komisaris BUMD harus yang profesional dan mengetahui bisnis yang digeluti.Menurut Sarman, Jakpro dipandang profesional untuk mengerjakan tugas-tugas besar.

Sarman menambahkan, secara umum tugas BUMD salah satunya sebagai perpanjangan tangan Pemprov DKI Jakarta utnuk melakukan intervensi pasar sehingga stabilitas harga pasar terjaga.

“Walaupun terkadang BUMD tidak mampu mengintervensi kekuatan pasar keseluruhan, namun keberadaan BUMD tetap sangat dibutuhkan dalam hal tertentu,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo, Achmad Hidayat menambahkan, sekarang ini Jakpro mendapat tugas untuk menggarap prasarana dalam menghadapi Asian Games 2018.

Beberapa proyek penugasan selama ini telah berjalan cukup baik seperti renovasi Velodrom, dan penyediaan lapangan pacuan kuda berstandar internasional.Tidak hanya itu, Jakpro juga mengemban tugas untuk menyediakan LRT (light rail transit) untuk menunjang kegiatan olahraga kelas internasional tersebut. (sab)

Sumber:wartakota.tribunnews.com