Komitmen pada pencegahan penyebaran COVID-19, Jakpro Tutup Fasilitas Olahraga dan Batasi Jam Operasional SBU Selama Libur Natal dan Tahun Baru

DSC_7187

Komitmen pada pencegahan penyebaran COVID-19, Jakpro Tutup Fasilitas Olahraga dan Batasi Jam Operasional SBU Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Jakarta, 23 Desember 2020 – Libur Natal dan tahun tahun (Nataru) yang biasanya selalu ramai dan banyak diisi acara diberbagai tempat di Jakarta, pada akhir tahun ini tidak dapat dirasakan seperti pada tahun sebelumnya oleh warga Jakarta, hal ini termasuk juga pada fasilitas olahraga yang ada di DKI Jakarta sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta No 26/SE/2020 tentang Operasional Fasilitas Olahraga Pada Pelaksanaan Cuti Bersama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 di Wilayah Provinsi DKI Jakarta, fasilitas olahraga yang ada di DKI Jakarta akan ditutup operasionalnya selama cuti bersama Hari Raya Natal dan Tahun baru 2021.

Adapun SE Dispora ini sejalan dengan Intruksi Gubernur DKI Jakarta No 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 di masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, serta Seruan Gubernur DKI Jakarta No 17 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 di masa Libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Sebagai bentuk dukungan serta turut berperan aktif dalam mengurangi dampak pandemi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, maka pada liburan Natal dan tahun baru Manajemen PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro tidak menyelenggarakan kegiatan ataupun acara di kawasan fasilitas olahraga yang dikelola oleh Jakpro seperti: Jakarta International Velodrome (JIV) dan Jakarta International Equestrian Park serta mengurangi jam operasional di Strategic Business Unit (SBU) milik Jakpro. Penutupan sementara operasional di kedua kawasan olahraga tersebut berlangsung pada 24 dan 25 Desember 2020 serta 31 Desember dan 1 Januari 2021.

Untuk turut mencegah penyebaran Covid -19 pada liburan Natal dan Tahun Baru serta menindaklanjuti SE Dispora No 26/SE/2020 Jakpro akan menutup sementara operasional kawasan JIV. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat dapat mendukung kebijakan Pemerintah ini, sebab langkah ini merupakan paling tepat dilakukan selama masa pandemi.

 Agar informasinya diterima oleh masyarakat yang ingin berkunjung ke JIV efektif, kebijakan ini mulai disosialisasikan melalui kanal-kanal media sosial yang dimiliki oleh JIV maupun Jakpro. Selain itu, akan dipasang spanduk atau banner di depan pintu gerbang JIV. Dengan begitu, masyarakat dihimbau untuk menikmati libur Natal dan Tahun Baru di rumah saja agar lebih aman sekaligus untuk menghindari kerumunan dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

Selain JIV, Jakpro juga akan menutup fasilitas olahraga Jakarta International Equestrian Park selama libur Natal dan Tahun Baru. Namun demikian, sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia Maret lalu, Equestrian Park memang sudah ditutup untuk umum. Rencananya, fasilitas olahraga berstandar internasional ini akan dibuka untuk umum setelah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kedua dicabut. Namun demikian, lantaran kasus Covid-19 masih terus meningkat ketika itu urung dilaksanakan.

Selanjutnya, Jakpro juga akan membatasi waktu operasional Pluit Junction Mall yang merupakan salah satu Strategic Business Unit (SBU) Jakpro, Jakarta Utara selama liburan Natal dan Tahun Baru. Khusus pada tanggal 24 Desember s/d 27 Desember 2020 dan 31 Desember s/d 3 Januari 2021 jam operasional Pluit Juction Mall mulai dibuka dari pukul 11.00 WIB s/d 19.00 WIB. Kebijakan ini juga berlaku bagi seluruh tenant & kantor yang ada di Pluit Junction Mall. Selain itu, selama masa PSBB transisi ini pengunjung Pluit Junction Mall dibatasi hanya 50% dari total kapasitas. Selain itu, Pasar Muara Karang juga diberlakukan perubahan jam operasional, yakni mulai pukul 05.00 – 14.00 WIB dengan penerapan protocol kesehatan secara ketat kepada setiap pengunjung pasar.

Dengan adanya Intruksi dan Seruan Gubernur DKI Jakarta serta SE Dispora Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, harapannya masyarakat menikmati liburan natal dan tahun baru tetap di rumah saja. Dengan begitu, kita telah sama-sama ikut membantu Pemerintah untuk melawan pandemi Covid-19 dan memutus mata rantai penularannya di lingkungan sekitar kita.