Material Atap Stadion Mulai Berdatangan, Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) Terus Dikebut agar Rampung Sesuai Target

JIS-65

Material Atap Stadion Mulai Berdatangan, Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) Terus Dikebut agar Rampung Sesuai Target

Jakarta, 14 Januari 2021 – Waktu telah menunjukan pukul 21.00 WIB, namun aktivitas para pekerja di proyek Jakarta International Stadium (JIS) masih saja berlangsung. Hiruk pikuk pekerja makin terlihat mana kala, pada malam itu, Jumat (8/1/2021) juga bertepatan dengan kedatangan 50 truk besar yang membawa material baja yang datang langsung dari luar negeri. Antriannya pun mengular hingga ke depan pintu masuk utama proyek JIS atau hingga jalan raya Sunter Permai yang berada di sisi barat JIS.

Corporate Communications Manager Jakpro Melisa S Sjach mengatakan, material baja yang di bawa langsung dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut merupakan batch 5. Pekan depan rencananya, akan ada 2 batch berikutnya material baja yang datang ke JIS. “Ada (material baja lagi yang datang), 2 batch lagi di minggu depan,” katanya.

Melisa menambahkan, material baja ini baru sampai malam di proyek JIS lantaran harus melewati clearence sampai terbit Surat Perintah Pengeluaran Barang (SPPB) dari otoritas setempat. “Selesai clearence sampai terbit SPPB di sore, langsung dikirim ke JIS,” imbuhnya.

Nantinya, kata Melisa, material baja ini akan dirakit untuk menjadi atap stadion JIS. sebagai stadion multifungsi yang bisa dipakai untuk berbagai gelaran diluar sepakbola. JIS akan menggunakan atap buka-tutup. Itu artinya, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia dan sedikit stadion di Asia yang memiliki atap dengan sistem buka-tutup.

Meski, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mengumumkan kembali memperketat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Senin (11/1/2021) hingga 25 Januari seiring dengan ledakan kasus Covid-19 di Jakarta dalam beberapa hari terkahir. Kebijakan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan, Jangka Waktu, dan Pembatasan Aktivitas Luar Pembatasan Sosial Skala Besar.

Akan tetapi, kegiatan pada sektor esensial sektor pangan, kesehatan, komunikasi, keuangan dapat beroperasi 100% dengan pengaturan jam operasional dan pembatasan kapasitas serta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kemudian, kegiatan kontruksi juga masih dapat beroperasi 100% dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Oleh karena itu, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) bersama KSO Wika Gedung, Jaya Konstruksi & PP berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan JIS sesuai jadwal yang ditargetkan.

Diharapkan, jika sudah rampung pada tahun ini, JIS akan menjadi stadion kebanggaan masyarakat Jakarta dan Indonesia. Sebab, JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang mengusung konsep green building dan lingkungan berkelanjutan serta akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transjakarta, LRT Jakarta, hingga Commuter Line. Dengan begitu, budaya baru masyarakat akan terbentuk dengan hadirnya JIS.