Oxy App: Kolaborasi Membangun Sistem Pemantauan Ketersediaan dan Pasokan Oksigen di 113 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Sumber foto: https://unsplash.com/photos/J4OQbHc1p_0

Oxy App: Kolaborasi Membangun Sistem Pemantauan Ketersediaan dan Pasokan Oksigen di 113 Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Jakarta, 3 Agustus 2021 – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara intens berkolaborasi dengan berbagai pihak demi membangun sebuah sistem pemantauan ketersediaan dan kelancaran ditribusi oksigen bagi rumah sakit rujukan yang ada di wilayah DKI Jakarta. Kolaborasi terwujud dalam rangka menanggulangi kelangkaan pasokan oksigen yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini. Untuk memperkokoh kolaborasi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Nomer 890 Tahun 2021 perihal Satuan Tugas Pemenuhan Kebutuhan Oksigen di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (“JAKPRO”) menjadi bagian dalam satuan tugas tersebut, khususnya dalam mengembangkan applikasi berbasis dashboard yang dapat memantau data pasokan dan kebutuhan oksigen secara real-time.

Melalui dashboard yang dikembangkan oleh divisi Project Management Office (PMO) dan Divisi IT Jakpro ini, jumlah supply dan demand tabung oksigen di DKI Jakarta dapat terukur dengan akurat. Pemprov sebagai eksekutif akan memiliki data yang real time dan valid terkait kapasitas kemampuan produsen di hulu, lalu lintas distribusi, hingga kebutuhan oksigen di hilir atau di rumah sakit rujukan Covid-19.

Dari sisi demand, dashboard yang dikembangkan Jakpro ini akan turut membantu manajemen krisis di rumah sakit. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta dan stakeholders lainnya akan memiliki informasi yang akurat atas ketersediaan tabung oksigen di setiap rumah sakit rujukan Covid-19. Dengan data ini, pihak produsen atau distributor dapat memprioritaskan penyalurannya ke rumah sakit yang paling membutuhkan. Dengan demikian, kelangkaan tabung oksigen tidak terjadi lagi di rumah sakit rujukan Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (DTKTE), Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) serta jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait lainnya serta Jakpro berkolaborasi bersama dalam hal penyediaan dan pengolahan data, pembuatan alur dan sistem kerja pada Oxy App yang terhubung dengan dashboard data untuk mempermudah penginputan data di lapangan. Kolaborasi ini merupakan upaya bersama dalam menangani permasalahan di Ibukota yang didukung dengan inovasi dan optimalisasi fitur teknologi.

Seiring dengan perjalanan transformasi digital yang dijalankan oleh Jakpro, metode sistem dashboard monitoring juga telah diimplementasikan pada proyek Jakarta International Stadium (JIS) dan Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Dengan optimalisasi perangkat digital yang ada serta melihat kebutuhan di lapangan yang memerlukan penanganan secara cepat, maka dalam waktu 4 hari sistem monitoring berbasis digital ini dapat direalisasikan bersama. Dengan adanya kolaborasi ini, Jakpro berharap kontribusinya dalam pengembangan sistem dashboard untuk data supply dan demand tabung oksigen dapat menjadi solusi dan membantu Pemprov DKI Jakarta khususnya dalam mengatasi permasalahan kebutuhan oksigen pasien Covid-19 di ibukota. (*)