Pembangunan LRT Jakarta dipastikan “On Schedule”

LRT ilustrasi

Pembangunan LRT Jakarta dipastikan “On Schedule”

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan pelaksanaan pembangunan kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta masih berjalan sesuai jadwal (on schedule). Pasca launching project LRT Jakarta pada 22 Juni 2016 lalu, Jakpro telah mengerjakan serangkaian kegiatan persiapan pembangunan LRT Jakarta.

“Persiapan konstruksi LRT Jakarta terus berjalan, dan sekarang kontraktor sudah mulai menebang pohon, penanaman kembali pohon di Banjir Kanal Timur, pengupasan jalur hijau, pemasangan pagar proyek, perataan tanah. Kami terus bergerak dan masih on schedule,” ujar Presdir PT Jakarta Propertindo, Satya Heragandhi, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (19/8).

Mengenai main contractor, Satya menargetkan, paling lambat pada akhir September 2016 sudah didapatkan pemenangnya. “Dengan begitu target pemancangan tiang pertama diharapkan bisa dilakukan Oktober 2016,” katanya.

Menurut Satya, keseluruhan perencanaan hingga pelaksanaan proyek LRT Jakarta terus berjalan. “Studi kelayakan telah disusun pada Februari 2016 lalu. Kemudian hasilnya sudah disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta pada Maret 2016, dan pada bulan yang sama juga sudah mendapat persetujuan Menteri Perhubungan,” ungkapnya.

Presdir PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi didampingi Corporate Secretary Jakpro Achmad Hidayat berbincang-bincang dengan wartawan Balaikota DKI Jakarta, kemarin
Penjelasan Progress LRT Jakarta

Seiring hal tersebut, lanjut Satya, proses AMDAL juga terus berjalan dan Public Hearing sudah dilakukan kepada pemangku kepentingan di dua tempat yakni Kantor Kota Administratif Jakarta Timur dan Jakarta Utara. “Proses ini sudah dilalui sekitar bulan Mei dan Juni lalu. Sementara perbaikan AMDAL sudah diserahkan ke BPLHD pada Juli lalu,” tuturnya.

Pembangunan LRT Jakarta prioritas untuk koridor I sepanjang 5,9 Km antara Velodrome-Rawamangun hingga Deposit LRT Kelapa Gading. Koridor ini akan melintasi sebanyak enam stasiun LRT layang yakni, Stasiun Velodrome, Pacuan Kuda, Pulomas, Kelapa Gading Boulevard, Mall Kelapa Gading dan Stasiun Depo LRT.

Sumber: rri.co.id