PROYEK LRT JAKARTA: Ahok Terbitkan Obligasi Untuk 7 Koridor

monorail

PROYEK LRT JAKARTA: Ahok Terbitkan Obligasi Untuk 7 Koridor

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerbitkan obligasi untuk proyek light rail transit (LRT) Jakarta pada tujuh koridor.Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan Pemprov DKI berencana untuk menyuntikkan dana subsidi berupa public service obligation (PSO) untuk operasional LRT Jakarta dan sekitarnya.

“Intinya nanti Kementerian Perhubungan yang akan bayar untuk infrastrukturnya, sedangkan kita (DKI) PSOnya,” kata Ahok di Balai Kota, Rabu (3/8).

Adapun PSO yang dimaksud tersebut secara teknis sama seperti PSO bus Transjakarta. Artinya pemerintah akan memberikan subsidi kepada penumpang untuk masuk ke Jakarta.

Selain itu, Ahok juga mengaku telah menjajaki pinjaman asing guna mendukung proyek angkutan massal berbasis rel tersebut. Sebelumnya pemerintah Korea Selatan juga menawarkan kerja sama untuk membangun LRT.

“Korea atau siapa saja bisa, dia akan bantu kita pengkajian semua tapi untuk yang 6 km, Korea sekarang itu yang Asian Games dia,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa revisi Peraturan Presiden (Perpres) No.99/2015 sudah dikeluarkan yakni terkait aturan untuk dapat melakukan penunjukan langsung BUMN Karya sebagai partner dalam proyek ini.”Kalau kita WIKA ya, kalo PT Adhikarya langsung kerja,” kata Ahok.

Sumber:bisnis.com