Sirkuit Formula E di Jakarta Tuai Pujian Karena Cepat Dibangun

Foto: Kumparan

Sirkuit Formula E di Jakarta Tuai Pujian Karena Cepat Dibangun

Jakarta, 29 Mei 2022 – Pembangunan sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara menuai pujian. Pasalnya, sirkuit ini bisa diselesaikan dalam waktu relatif singkat yakni sekitar tiga bulan. Bahkan pembangunan ini dinobatkan sebagai pembangunan sirkuit permanen paling cepat di dunia. Untuk diketahui, pembangunan yang dimaksud ialah pembangunan trek dan nontrek yang mencakup pengaspalan sirkuit dan pembangunan tribun. Sementara itu, fasilitas sirkuit yang sifatnya sementara, seperti pagar pembatas antara penonton dan sirkuit, belum selesai dibangun.

Head of Technical Operation di FEO, Barry Mortimer, mengaku takjub akan hal itu. Ia menilainya sebagai sesuatu yang luar biasa. “Saya pikir sirkuit ini fantastis. Kami bisa menyiapkan semuanya meski tak punya begitu banyak waktu untuk membangun sirkuit ini,” ungkap Barry selepas memamerkan replika mobil balap Formula E di Velodrome Rawamangun, Jakarta Timur, pada Kamis (26/5) lalu. “Ini luar biasa. Saya tak sabar menanti balapan di sirkuit itu.” Barry menuturkan bahwa sirkuit di setiap negara selalu berbeda dan punya keunikan masingmasing. “Bentuk yang berbeda, aspek yang berbeda, tikungan yang berbeda, serta kontur tanah yang berbeda, ada banyak faktor (yang membedakannya),” terangnya.

Untuk di Jakarta sendiri, menurutnya, perbedaan yang paling menonjol adalah cuaca. “Ini sangat panas, sangat hangat, dan lembap,” imbuhnya. Sekadar informasi, meski cuaca begitu panas, tim FEO tetap melakukan antisipasi apabila hujan tiba-tiba turun. FEO sudah menyiapkan drainase atau saluran khusus untuk menyalurkan volume air yang berlebih dari area trek balapan. Drainase ini akan mencegah tergenangnya air di trek balapan, yang berpotensi mengganggu balapan.

“Drainase ini dirancang baik sekali, dan akan membuat air hilang cepat mengalir ke bawah sehingga tak membuat genangan dan mengganggu balapan,” pungkas Event Director FEO, Gemma Sierra, di kesempatan lain, Minggu (29/5/22). Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang di Ancol, Jakarta Utara. Siapa pun yang ingin menonton Jakarta EPrix secara langsung, silakan membeli tiket di website jakartaeprixofficial.com dan jakartaeprix.goersapp.com. Pembelian tiket sudah bisa dilakukan sejak 1 Mei lalu.