Warga Terdampak Pembangunan JIS Terima Ganti Untung di Pembagian Rekening Tahap Dua

IMG_0358

Warga Terdampak Pembangunan JIS Terima Ganti Untung di Pembagian Rekening Tahap Dua

Jakarta, 16 September 2020 – Pada hari ini, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) kembali melanjutkan program ganti untung warga terdampak proyek pembangunan (WTP) Jakarta International Stadium (JIS). Kegiatan dilaksanakan di kantor Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara.

Dalam agenda tahap dua ini, akan dibagikan rekening kepada 345 kepala keluarga (KK). Sebagai upaya untuk mengurai kerumunan, kegiatan akan dilaksanakan ke dalam dua hari, 16 dan 17 September 2020.

Kegiatan pemberian kompensasi atau ganti untung ini melanjutkan dari tahap satu yang dilakukan pada 3 September lalu. Penerima ganti untung tahap satu sebanyak 23 kepala keluarga.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari rencana relokasi Resettlement Action Plan (RAP) proyek JIS. Dalam hal melakukan proses Clearence Area terutama di sisi utara area perencanaan JIS. PT Jakarta Propertindo (Perseroda) telah melakukan studi dan kajian yang dibantu oleh Konsultan Independen sejak bulan Oktober 2019. Di dalam survei tersebut tercatat sebanyak 604 KK terdaftar dan terdata sebagai WTP.

Selanjutnya, pada tanggal 16-23 Juli 2020 telah dilaksanakan kegiatan RAP Disclosure. Dalam pelaksanaan RAP Disclosure, WTP melakukan penandatangan Berita Acara Serah Terima (BAST) yang memuat perjanjian kedua belah pihak terutama dalam hal jangka waktu pengosongan area yaitu selama 30 hari semenjak dana santunan diterima. Progres yang tengah berjalan sejauh ini adalah telah dilakukan pembagian buku rekening terhadap WTP yang telah terisi sejumlah dana santunan berdasarkan kesepakatan bersama. Terdapat ±369 warga yang telah terverifikasi berdasarkan kelengkapan data dan siap menerima dana santunan.

Adapun besaran nilai pemberian kompensasi disesuaikan berdasarkan Perpres No.62 Tahun 2018 dimana perhitungan santunan dinilai dari biaya pembongkaran, biaya mobilisasi kembali ke kampung halaman, biaya sewa rumah selama setahun, dan biaya tunjangan kehilangan pendapatan selama empat (4) bulan.

Seluruh rangakaian kegiatan ini masuk pada agenda Resettlement Action Plan (RAP) JIS, yang merupakan bentuk kesadaran pihak pemilik proyek terkait pentingnya kesejahteraan warga terdampak untuk ikut merasakan dampak positif pembangunan proyek. Dengan menerapkan asas kemanusiaan, Jakpro membuka kesempatan kepada warga untuk menyuarakan keinginan terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan RAP. Selama proses RAP berlangsung, pihak Jakpro secara intens membuka forum dan diskusi terhadap warga sehingga apa yang telah diupayakan menguntungkan kedua belah pihak.